Minggu, 24 Juli 2011

Pemerintah Jamin Stok Sembako Cukup


SURABAYA--MICOM: Pemerintah menjamin kebutuhan stok bahan pokok menjelang puasa dan lebaran, bahkan sampai tahun baru 2012. Stok masih cukup dan tidak akan kekurangan. Hal ini bisa terjadi karena pemerintah telah meninjau langsung kondisi pasar.

"Tidak perlu panik semua kebutuhan pokok cukup sampai selesai lebaran nanti," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, saat ditemui di sela-sela peresmian Ciputra World Surabaya, pekan lalu.

Terkait soal kenaikan harga, ia mengatakan tidak lebih karena permintaan yang meningkat jelang bulan puasa. Ada beberapa kasus di mana distribusi komoditas mengalami gangguan mengakibatkan kenaikan harga, tapi kasus ini tidak dominan.

Untuk mengatasi kenaikan harga yang berlebih, Kementerian Perdagangan sudah meminta pemerintah daerah untuk melakukan operasi pasar secukupnya.

"Cara ini cukup efektif untuk mengendalikan harga agar tidak melambung berlebihan, seperti yang dilakukan di DKI Jakarta. Selama 3 minggu terakhir kita pantau tidak ada kenaikan harga signifikan," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat dan media untuk membantu memberi informasi tentang kenaikan harga sembako yang berlebihan dan distribusi yang tidak lancar. (FL/0L-10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar